ORANG YANG SELAMAT KETIKA WABAH PENYAKIT

0
526
Oleh : Ahmad Yazid Fattah
Ketua Aswaja Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Alloh SWT menurunkan penyakit dan kesulitan kepada manusia tentunya dengan berbagai sisi hikmah yang positif bagi kaum muslim. Salah satunya adalah sebagai pelebur atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Dan juga sebagai bentuk ujian bagi orang-orang sholih. Bahkan bisa menjadi pintu menuju derajat tinggi di sisi Alloh. Nabi Muhammad SAW bersabda :

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ فِي دِينِهِ وَنَفْسِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ

 Bahwasanya bala’ akan menimpa orang mukmin dalam sisi agamanya, dirinya dan harta bendanya. Sehingga ketika nanti dia bertemu Alloh, dia tidak memiliki dosa. (HR Abu Hurairah)

Dalam beberapa literatur islam diterangkan bahwa Alloh SWT akan memberikan jaminan keamanan sehingga terhindar dari penyakit yang melanda

 Pertama, orang yang gemar bersedekah. Dalam kitab hadits Syu’ab al-Iman juz 5 hal 184, al Hafidz al-Baihaqi menukil sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abdulloh bin Umar. Bahwa Nabi bersabda :

” تَصَدَّقُوا وَدَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ، فَإِنَّ الصَّدَقَةَ تَدْفَعُ عَنِ الْأَعْرَاضِ وَالْأَمْراضِ، وَهِيَ زِيَادَةٌ فِي أَعْمَالِكُمْ وَحَسَناتِكُم

Bersedekahlah. Dan Obatilah orang-orang yang sakit dengan bersedekah. Karena sedekah bisa menolak berbagi rintangan dan penyakit. Dan bisa menambah amal kebaikan kalian.

Kedua, Orang yang tekun berdoa. Imam al-Baihaqi dalam kitab Syu’ab al-Iman juga meriwayatkan dari Abu Umamah, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

حَصِّنُوا أَمْوَالَكُمْ بالزَّكاةِ، وَدَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ، وَاسْتَقْبِلُوا أَمْوَاجَ الْبَلَاءِ بِالدُّعَاءِ

Bentengilah harta kalian dengan zakat. Obatilah orang-orang sakit dengan bersedekah. Dan hadapilah gelombang bala’ dengan doa.

Ketiga, Orang yang memperbanyak istighfar. Disampaikan dari kitab tafsir Ibnu katsir juz 4 hal 49 maktabah Syamilah  bahwa Imam Ibnu Abbas berkata: sesungguhnya Alloh menurunkan 2 jaminan aman (dari siksa, adzab dan petaka) kepada umat Muhammad. Mereka akan selalu dilindungi dan terjaga dari berbagai adzab selagi masih ada jaminan tersebut. Namun 1 jaminan keamanan telah diambil oleh Alloh. Yakni Nabi Muhammad SAW. Dan hanya tersisa 1 saja. Yakni orang-orang yang memperbanyak istighfar. Alloh SWT berfirman:

وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَأَنْتَ فِيهِمْ وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Tetapi Alloh tidak akan menyiksa (menghukum) mereka selagi kamu (Muhammad SAW) masih diantara mereka. Dan tidaklah pula Alloh menyiksa (menghukum) mereka sedangkan mereka masih memohon ampun (istighfar). (QS al-Anfal 33)
Marilah kita secara istiqomah berdoa kepada Alloh agar warga Indonesia diberi kesabaran dan ketabahan dalam menjalani ujian wabah covid-19.

اَلَّلهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here